Covid-19 Virus Mematikan Yang Menjadi Wabah Di Seluruh Dunia
Categories
Uncategorized

Covid-19: Virus Mematikan Yang Menjadi Wabah Di Seluruh Dunia

Akhir-akhir ini, dunia dihebohkan dengan adanya pandemic virus corona. Jenis virus yang mematikan ini dilaporkan telah menelan korban jiwa hingga mencapai puluhan juta orang di seluruh dunia. Tentu saja hal ini menjadi perhatian tersendiri untuk segera mencari jalan keluar atas persebaran virus tersebut. hingga detik ini, pemerintah negara di berbagai belahan dunia berusaha keras bagaimana menekan angka kematian yang disebabkan oleh virus yang pernah menjadi pandemic ini. 

Menanggapi adanya virus yang pernah menjadi pandemic ini, pihak kedokteran berusaha keras memberikan pertolongan dan pencegahan atas mewabahnya virus covid-19. Berbagai penelitian terus dilakukan demi menemukan obat yang ampuh dalam menangani pasien yang saat ini sedang berjuang melawan penyakit tersebut. Sayangnya, hingga kini obat tersebut belum juga ditemukan dan himbauan dari pemerintah untuk terus menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat juga terus dilakukan.

Asal mula virus Covid-19

Berbicara mengenai virus yang pernah menjadi pandemic, covid-19 merupakan jenis penyakit yang asal mulanya masih belum diketahui. Namun demikian, setidaknya pada akhir 2019 silam, dunia telah dihebohkan dengan kabar sebuah penyakit langka yang muncul dari wilayah Wuhan, China. 

Penyakit yang kemudian menarik perhatian para ilmuwan dunia tersebut dikenal dengan sebutan covid-19. Atas dasar ketertarikan tersebut, banyak peneliti yang terjun langsung untuk melakukan investigasi terhadap penyakit tersebut.

Seperti yang dikabarkan dalam South China Morning Post disebutkan bahwa menurut WHO (World Health Organization) bahwasannya belum ditemukan asal mula virus corona dan sejak kapan dan dimana pathogen tersebut masuk ke dalam tubuh manusia. Teori yang pertama muncul jika virus covid tersebut berasal dari hewan kelelawar. 

Menurut David Heymann yang merupakan professor epidemiologi menyebutkan jika poker ace99 yang pernah menjadi pandemic telah menyebar ke beberapa hewan lain dan merubah genetiknya hingga menempel pada sel manusia.

Mengenal gejala virus corona yang perlu diketahui

Dari sekian banyak penelitian yang telah dilakukan oleh ilmuan dunia atas virus yang pernah menjadi pandemic, dikatakan bahwa ada beberapa gejala ketika seseorang mengalami permasalahan tersebut. Penyakit yang menyerupai pada gejala flu seperti demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan dan sakit kepala ini bisa sembuh seketika namun pada beberapa kasus ada yang bertambah parah hingga menyebabkan batuk berdarah.

Mengenai gejala umum dari virus yang pernah menjadi pandemic ini terbagi menjadi tiga yaitu :

  1. Demam dengan suhu lebih dari 38 derajat
  2. Batuk kering
  3. Sesak nafas

Selain itu, ada beberapa gejala lain yang kerap kali mengikuti ketika seseorang terpapar oleh virus corona. Beberapa gejala tersebut diantaranya adalah:

  1. Sakit kepala
  2. Diare
  3. Ruam pada kulit
  4. Hilangnya kemampuan untuk mencium bau dan mengecap

Disebutkan bahwa gejala virus yang pernah menjadi pandemic ini nantinya akan muncul selama 2 hari hingga 2 minggu. Ketika seseorang mengalami gejala tersebut, pastikan segera menghubungi pihak kesehatan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Saat ini beberapa rumah sakit daerah telah menyediakan penanganan atas penderita gejala covid-19. Beberapa tes juga disediakan untuk mengetahui kondisi pasien tersebut demi mendapatkan penanganan yang tepat.

Untuk mengatasi permasalahan virus yang pernah menjadi pandemic, pastikan untuk memperhatikan protocol kesehatan seperti selalu memakai masker, menggunakan handsanitizer, mencuci tangan hingga menerapkan aturan social and physical distancing. Dengan menerapkan hal tersebut, maka Anda telah turut andil dalam memutus rantai persebaran virus corona.